-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Jumat, Maret 31, 2023

Rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan, Kalapas Kelas IIA Parepare Buka One Day One Prison's Product

Rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan, Kalapas Kelas IIA Parepare Buka One Day One Prison's Product

METRO ONLINE, PAREPARE - Untuk memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan, Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, AmdIP, SH membuka langsung Pameran One Day One Prison's Product di Galeri Pemasyarakatan Lapas IIA Parepare yang berlaku untuk masyarakat umum dan tidak dipungut biaya apapun. Jumat (31/3/2023).

Kegiatan Pameran One Day One Prison's Product adalah Surat Sekretaris Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor : PAS1.UM.01.01-185 tanggal 23 Pebruari 2023 tentang Panduan Pelaksanaan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 Tahun 2023. 

Kegiatan yang dimulai pada 28 Februari 2023 sampai dengan 04 Mei 2023 dengan tema “Transformasi Pemasyarakatan semakin PASTI BerAKHLAK, Indonesia Maju”. 

Kalapas Kelas IIA Parepare mengatakan bahwa, kegiatan One Day, One Prison’s Product merupakan salah satu ajang pengenalan serta pemasaran dan penjualan produk hasil karya Warga Binaan kepada masyarakat. 

"Selain itu, juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan bagi Warga Binaan dan perolehan Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berasal dari penjualan produk", Ujarnya.

Adapun produk hasil karya warga binaan Lapas IIA Parepare yang dipamerkan adalah sebagai berikut:

a. Fornitur Jepara,

b. Keset kaki dari kain limbah,

c. Kerajinan tangan serbuk gergaji,

d. Lukisan tangan,

e. Hasil perikanan program Sarana Asimilasi Edukasi (SAE)

f. Dan karya warga binaan lainnya.

Adapun hasil penjualan karya warga binaan pemasyarakatan akan diberikan 50 % premi upah kerja, 15 % untuk PNPB dan 35 % sebagai modal awal usaha kembali.

Pengunjung dalam hal ini masyarakat umum sangat antusias sekali dengan adanya kegiatan pameran produk hasil karya warga binaan pemasyarakatan. 

Warga binaan selama menjalankan masa pidananya diberikan bekal ketrampilan dan keahlian melalui program Pelatihan Kerja bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan UMKM Kota Parepare, Balai Pelatihan Vokasi Dan Produktifitas Pangkajene dan Kepulauan Merupakan (BPVP Pangkep), YPA HANDAYANI Kota Parepare, Dinas Pertanian Perikanan dan Kelautan Kota Parepare, Dinas Ketahanan Pangan Kota Parepare, Dekranasda Kota Parepare dan Kemitraan lainnya.

Sekaligus apresiasi kepada Kepala Lapas IIA Parepare yang telah membawa perubahan besar program pembinaan, bimbingan, perawatan dan pelayanan kepada WBP di Lapas IIA Parepare.

Kepala Lapas IIA Parepare mengucapkan terima kasih masyarakat yang telah mengunjungi pameran produk hasil karya warga binaan pemasyarakatan Lapas IIA Parepare dalam program One Day One Prison's Product. 

"Ucapan terima kasih juga kepada tamu undangan lainnya yang sempat hadir dan seluruh Pejabat Struktural Eselon IV V beserta jajarannya serta Komandan Regu pengamanan beserta jajaran pada Lapas IIA Parepare yang telah bekerja keras kerja cerdas dan kerja ikhlas sehingga pelaksanaan kegiatan hari ini berjalan lancar dan tertib", Ucapnya.


Editor: Muh. Sain

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved