-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Jumat, Maret 17, 2023

Peringati Hari Bhakti Pemasyarakatan, Kalapas Kelas IIA Parepare Buka Acara Pelayanan dan Penyuluhan Kesehatan

Peringati Hari Bhakti Pemasyarakatan, Kalapas Kelas IIA Parepare Buka Acara Pelayanan dan Penyuluhan Kesehatan

METRO ONLINE, PAREPARE - Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, AmdIP, SH membuka kegiatan Pelayanan Kesehatan Proaktif dan Sosialisasi atau penyuluhan kesehatan yang bekerjasama dalam hal ini Dokter, perawat dan tim penyuluh kesehatan pada Puskesmas Lompoe dan Puskesmas Lapade Kota Parepare.

Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 Tahun 2023 Dengan tema Transformasi Pemasyarakatan semakin Pasti Berakhlak, Indonesia Maju.

Ketua panitia pelaksana kegiatan Kepala Seksi Bimnadik Bapak Simung, S.Ag, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan pelayanan kesehatan proaktif dan sosialisasi serta penyuluhan kesehatan yang dilakukan hari ini merupakan kegiatan partisipasi sosial dan kepedulian terhadap sesama dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya di Lapas IIA Parepare. 

Adapun pemberian materi sosialisasi dan penyuluhan kesehatan dengan judul PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) yang dibawakan Oleh narasumber Adiatma, SKM petugas medis Puskesmas Lompoe berkolaborasi dengan petugas medis Lapas IIA Parepare Wildaria Amir, S.Kep., Rini, S.Kep dan Rafika, S.Kep. 

Adapun layanan kesehatan proaktif meliputi pemeriksaan kesehatan pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar perut, pemeriksaan tensi darah, kolesterol, gula darah, asam urat, pemeriksaan dahak, pemeriksaan penyakit menular dan konsultasi kesehatan. 

Pemeriksanaan dilakukan Dokter dan petugas medis dari Puskesmas Lompoe dan Puskesmas Lapade kota Parepare. Peserta layanan kesehatan proaktif dan sosialisasi penyuluhan kesehatan antara lain pejabat Struktural Eselon IV V dan petugas regu pengamanan Lapas IIA Parepare, Ibu PIPAS Lapas IIA Parepare, Warga Binaan dan masyarakat umum. 

Dalam sambutannya, Kepala Lapas IIA Parepare menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan kesehatan proaktif dan sosialisasi penyuluhan kesehatan pada hari ini.

Kepala Lapas IIA Parepare juga menjelaskan bahwa tujuan dari layanan kesehatan proaktif ini agar masyarakat dapat menikmati layanan kesehatan secara gratis dan memberikan edukasi megenai pentingnya melakukan pengecekan kesehatan secara rutin

"Tidak semua orang sadar dan paham betapa pentingnya melakukan pengecekan kesehatan jadi dengan adanya layanan kesehatan gratis ini diharapkan masyarakat dapat mengetahui berbagai faktor dan risiko penyakit sehingga dapat mencegah penyakit tersebut sedini mungkin", Ujarnya.

P"enyuluhan kesehatan diharapkan masyarakat dapat berperilaku hidup bersih dan sehat. Terutama warga binaan pemasyarakatan di Lapas IIA Parepare", Terangnya.


Editor: Muh. Sain

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved