-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Senin, Maret 13, 2023

Kalapas Kelas IIA Pare pare Buka Pesantren Kilat Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan

Kalapas Kelas IIA Pare pare Buka Pesantren Kilat Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan

METRO ONLINE  PAREPARE - Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, AmdIP, SH membuka kegiatan Pesantren Kilat bagi Warga Binaan Pemasyarakatan dalam rangka semangat menyongsong bulan Ramadhan 1444 H / 2023M di Masjid At Taubah. Senin (13/3/2023).

Hadir dalam acara tersebut Tim Penyuluh Agama dari Kementerian Agama Kota Parepare, Pejabat Struktural Eselon IV V dan jajarannya. Kegiatan pesantren kilat ini diikuti oleh 30 orang warga binaan pemasyarakatan sebagai peserta. 

Kalapas Kelas IIA Parepare mengatakan bahwa, Pelaksanaan kegiatan pesantren kilat dilaksanakan selama 6 hari kerja mulai tanggal 13 Maret 2023 sampai dengan tanggal 18 Maret 2023.

"Penanggung jawab kegiatan Kepala Seksi Bimnadik Bapak Simung, S.Ag, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa materi-materi yang diberikan saat pesantren kilat seperti membaca Al-Qur'an, praktek wudhu, praktek memandikan dan merawat jenazah, praktek shalat, tayamum, adzan, menghafal surat-surat pendek, dan ayat-ayat pilihan, doa-doa, mendengarkan ceramah, dan berdiskusi tentang keislaman", Ujar Kalapas.

Selama mengikuti pesantren kilat, para peserta akan diberikan pelajaran dan pemahaman mengenai keislaman secara lebih mendalam sebagai bukti bahwa warga binaan pemasyarakatan telah mengikuti kegiatan keagamaan ini, pihak penyelenggara akan memberikan penialaian khusus dan sertifikat pada akhir kegiatan. 

Kepala Lapas IIA Parepare juga menyampaikan bahwa kegiatan pesantren kilat ini memang ditujukan khusus bagi warga binaan pemasyarakatan yang memeluk agama Islam dengan menggunakan pola dan tata cara kehidupan di dalam pesantren, tetapi dilakukan di dalam Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Parepare. 

"Pesantren kilat ini biasanya hanya diadakan pada waktu bulan Ramadhan namun kali ini dilaksanakan lebih awal sebelum bulan Ramadhan. Tentunya dengan harapan memasuki  waktu bulan Ramadhan, warga binaan sudah memperdalam ilmu agama, belajar mendekatkan diri kepada Allah SWT, serta menjauhi kegiatan-kegiatan yang dilarang oleh Allah SWT dan warga binaan pemasyarakatan sudah siap untuk melaksanakan ibadah puasa", Tutur Kalapas.

"Tujuan-tujuan lain dari diadakannya kegiatan pesantren kilat tentu saja lebih mempererat hubungan manusia dengan Tuhannya, hubungan manusia dengan sesama manusia, yakni dalam bersosialisasi dan membentuk kepribadian warga binaan menjadi kepribadian yang penuh dengan warna Islam yang kental. Dalam artian untuk memperkuat ukhuwah Islamiah, ukhuwah Wathaniyah dan ukhuwah insaniyah", Jalasnya.


Editor: Muh. Sain

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved