-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar

Jumat, Agustus 12, 2022

Momentum HDKD ke-77 tahun, Karutan Barru Pimpin Ziarah dan Tabur Bunga diTMP Sumpang Binangae

Momentum HDKD ke-77 tahun, Karutan Barru Pimpin Ziarah dan Tabur Bunga diTMP Sumpang Binangae

METRO ONLINE, BARRU - Momentum HDKD ke 77 tahun, Rutan Barru melaksanakan kegiatan Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Sumpang Binangae, Kabupaten Barru. (12/08/2022). 

Kegiatan Ziarah dan Tabur Bunga ini diawali dengan Upacara Tabur Bunga dimana Karutan Barru bertindak langsung sebagai inspektur upacara. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan prosesi tabur bunga pada makam pahlawan. 

Karutan Barru, Mashuri Alwi mengatakan bahwa, Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya, begitu yang diungkapkan presiden pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno. 

"Pahlawan mempunyai peranan penting bagi kemajuan suatu bangsa. Pahlawan merupakan orang yang berjiwa besar dan sangat berjasa bagi bangsa dan negara. Mereka rela mengorbangkan hidupnya demi menjaga dan mempertahankan Indonesia", Ujarnya. 

"Dewasa ini, begitu banyak cara yang bisa kita wujudkan dalam rangka menghormati jasa para pahlwan kita. Menghargai jasa para pahlawan tidak sekedar mengenang dalam hati tetapi bisa diwujudkan secara nyata dalam bentuk aksi seperti upacara atau kegiatan seremonial lainnya. Menghormati dan menghargai jasa para pahlawan bisa juga di wujudkan dengan tidak pernah berhenti belajar hal-hal baik dalam kehidupan, mengasah kemampuan dan menyebar kebaikan ke masyarakat demi kemajuan bangsa dan negara", Tuturnya. 

"Salah satu aksi yang sudah umum kita temui di kehidupan berbangsa dan bernegara adalah mengambil momentum hari- hari kebesaran dengan melakukan aksi ziarah dan tabur bunga. Tabur bunga saat ziarah ke makam sudah dilakukan sejak dulu dimana bunga diyakini mengandung energi positif dari aromanya dan membuat suasana lebih sakral. Hal ini biasa dilakukan pada hari hari besar seperti peringatan hari kemerdekaan, Sumpah Pemuda, Hari Dharma Karya Dika dan hari-hari besar lainnya", Terangnya. 


Editor: Muh. Sain

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved