-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar





Minggu, Maret 27, 2022

Pangdam Hasanuddin Disematkan Gelar Bangsawan Bugis, Cucu Raja Bone ke-32 Andi Mappanyukki

Pangdam Hasanuddin Disematkan Gelar Bangsawan Bugis, Cucu Raja Bone ke-32 Andi Mappanyukki

METRO ONLINE,Bone - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad, S.H., cucu Raja Bone ke-32 Andi Mappanyukki, dikukuhkan sebagai bangsawan Bugis dengan nama Andi Muhammad Bau Sawe Mappanyukki Petta Tone, bertempat di rumah adat museum Arajang Kabupaten Bone, Minggu (27/03/2022).

Nama gelar bangsawan itu disematkan langsung oleh Dewan Adat Saoraja Kabupaten Bone dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone, Sulawesi Selatan. Karena diakui layak, apalagi Pangdam Hasanuddin merupakan keturunan langsung dari Raja Bone ke-32 Andi Mappanyukki.

Arti dari namanya, yakni sosok pemimpin yang cekatan pemberani dalam mengambil langkah pengamanan untuk ketenangan masyarakat di suatu wilayah yang diamanahkan oleh negara.

Menurut Ketua adat Andi Baso, pemberian gelar kebangsawanan ini menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Bone apalagi Pangdam  yang bertugas di kampungnya sendiri.

"Kita memberikan nama ini sebagai apresiasi suatu kebanggaan masyarakat Bone, mempunyai Pangdam putra asli Bone," Ungkapnya. 

Sementara Pangdam mengaku akan menjaga nama baik keluarga besarnya. Apalagi kembali ke Bone, kampung halamannya sendiri.

"Saya pun bangga menjadi putra asli Bone. Pengukuhan nama ini tentu berat pertanggungjawabannya. Dan Insyaallah akan dijaga dengan baik. Saya kembali ke kampung sendiri dan saya adalah keturunan Raja Bone ke-32 yakni Andi Mappanyukki," Ucapnya.

"Hal ini  merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi saya sebagai anak putra asli daerah Bone Sulawesi Selatan," Tutupnya.


Editor : Muh Sain

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved