-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Jumat, Januari 28, 2022

Terima Study Banding BPKAD Karimun, Bupati Paparkan Potensi Wisata Daerah

Terima Study Banding BPKAD Karimun, Bupati Paparkan Potensi Wisata Daerah

METRO ONLINE Lingga - Bupati Lingga menerima kunjungan rombongan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dari Kabupaten Karimun, Selasa (25/01/2022). Adapun kedatangan mereka dalam rangka study banding terkait Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) Penganganggaran dan Penatausahaan.

Sebelumnya, Kabupaten Lingga telah ditetapkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai kabupaten rujukan penerapan SIPD. Kabupaten Lingga, termasuk dari 21 Kabupaten/Kota se Indonesia yang telah mandiri dalam penerapan SIPD ini. 

"Memang diluar dugaan kami. Hal yang tidak kami sangka-sangka dari BPKAD Lingga sendiri, dengan keberhasilan ini tadinya, akhirnya bisa mendatangkan tamu dari luar daerah. Tentu ini sangat membantu nantinya dalam menunjang ekspose pariwisata," kata Nizar. 

BPKAD Lingga, memang dinilai cukup berprestasi dalam pengelolaan SIPD. 

Beberapa piagam terbaik, penyaluran DAK Semester I dan Semester II di tahun 2021. 

Bahkan menjadi narasumber di BPK RI Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau pada agenda Diklat Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, berkaitan degan LKPD. 

Sebelum kunjungan Kabupaten Karimun ini, Kabupaten Lingga juga telah menerima study banding dari Kota Tanjungpinang, dan Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau beberapa waktu lalu. 

Prestasi ini, justru menambah semangat Bupati Lingga, bagaimana kehadiran para tamu-tamu dari luar daerah untuk belajar SIPD ke Kabupaten Lingga, dapat memberikan kontribusi akselerasi di sektor pariwisata. 

Dihadapan para tamu yang hadir, dia memaparkan selayang pandang Kabupaten Lingga, dengan semangat pemerintahannya dalam penataan wajah Kota di 3 pulau besar di Kabupaten Linga yakni Singkep, Lingga dan Senayang. 

"Memang kita lagi semangat dalam penataan wajah Kota Daik maupun Dabo. Maka itu saya berharap dari kegiatan SIPD ini, dapat menunjang adanya pariwisata baik itu dengan UMKMnya yang dapat dinikmati kawan-kawan yang datang. Jadi tidak hanya fokus pada SIPD," kata dia. 

Sementara Kepala BPKAD Kabupaten Karimun, Abdullah mengaku terkesan setelah mendengar kabar, bahwa Kabupaten Lingga dijadikan role model oleh Kementerian Dalam Negeri pada penerapan SIPD ini. Kabupaten Lingga menurutnya termasuk dalam 3 daerah besar di Indonesia termasuk Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Raja Ampat di Papua. 

"Dan ini bukan menjadi kebanggaan Kabupaten Lingga saja. Tetapi termasuk kebanggaan dari seluruh Kabupaten Kota di Provinsi Kepulauan Riau. Tentu kami sangat merasa berarti untuk dapat belajar disini," kata dia. 



Sumber:prokopim

Editor    : Effendi

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved