-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar

Selasa, Oktober 20, 2020

TNI Tanam Mangrove 1.000 Pohon di Pantai Hubat

TNI Tanam Mangrove 1.000 Pohon di Pantai Hubat


METRO ONLINE SINJAI- Dandim 1424 Sinjai Melakukan penanaman pohon bakau sebanyak 1.000 pohon di Pantai Hubat, desa Sanjai, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Selasa (20/10/2020).

Kepala Staf Distrik Militer(Kasdim) 1424 Sinjai, Timun Budianto mengatakan, bahwa penanaman pohon bakau ini merupakan penghijauan yang dilakukan oleh Kodim 1424 Sinjai  Tahap IIb Tahun 2020 dengan tema "Bersama Lestarikan Bumi Indonesia Demi Generasi Penerus Bangsa".

"Program TNI ini salah satu bentuk kepedulian terhadap kelestarian kawasan pesisir itu merupakan bagian dari Program peduli terhadap lingkungan di wilayah kabupaten Sinjai, kami menginisiasi penanaman bibit bakau," ungkap Timun Budianto.

Timun Budianto menambahkan bahwa  hutan bakau memiliki manfaat bagi lingkungan sekitar khususnya bagi masyarakat pesisir. Beberapa manfaat hutan bakau di antaranya mencegah instrusi air laut, mencegah erosi dan abrasi pantai.

"Bisa juga sebagai pencegah dan penyaring alami, berperan dalam penahan ombak sehingga pasir tidak mudah terkikis dari dorongan ombak dan menstabilkan daerah pesisir," katanya.

"Saya berharap dengan menanami bibit bakau hari ini akan menjadi salah satu solusi untuk mengurangi permasalahan tersebut. Saya juga berharap adanya kesadaran dari seluruh masyarakat untuk merawat serta menjaga ekosistem pohon bakau demi melestarikan kawasan pesisir pantai," harapnya.

Sementara itu, penyuluh kehutanan kecamatan Sinjai Timur, Erna mengatakan, penanaman pohon bakau yang dilakukan oleh Dandim 1424 Sinjai ini sungguh luar biasa, apalagi kami dari penyeluh kehutanan punya program penanaman bibit pohon bakau, maka dari itu kami sangat merespon dengan baik langkah yang dilakukan Dandim 1424 Sinjai ini.

"Penanaman pohon bakau yang dilakukan Dandim ini sungguh luar biasa, apalagi di wilayah desa Sanjai ini sangat dibutuhkan pelestarian pohon bakau, sementara di desa Sanjai ini dapat jata sekitar 5 hektar untuk penanaman pohon bakau," ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, kami dari dinas Kehutanan Sinjai sering melakukan penyuluhan kepada kelompok tani untuk mengajari cara penanaman pohon, apalagi kami dari penyuluh itu masuk sebagai pasilitator dari program kementrian masuk di wilayah kabupaten kota.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf. Ely Asyer Sitompul beserta istri ,camat Sinjai Timur , kepala desa Sanjai A.Muh Arsal, penyuluh Kehutanan Sinjai Timur, Erna, dan beberapa tokoh masyarakat desa Sanjai.


Laporan:Ilham hs

Editor:Muh Sain.

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved